The Meaning of Independence Day

Illustration taken from www.intelitechgroup.comNggak kerasa sudah hampir tanggal 20 Agustus. Jadi sudah nyaris 3 hari lewat dari Hari Kemerdekaan RI. Rasanya hari-hari berlalu begitu aja. Nggak ada bedanya.

Mungkin ini efek dari tinggal di negeri orang. Walaupun semasa tinggal di Indonesia pun secara pribadi saya tidak merasa perlu merayakan hari kemerdekaan RI, tapi paling nggak dulu saya masih aware karena suasananya jelas terasa. Paling nggak tanggal 17 Agustus itu libur… and that’s the best part actually!

Bolehlah kalau saya mau disebut tidak nasionalis. Bukan berarti saya tidak menghargai makna dan hikmah kemerdekaan. Bukan berarti saya tidak peduli dan merasa tidak butuh dengan Indonesia, cuma mungkin tepatnya saya tidak menganut ideologi nasionalis. Nasionalisme buat saya bukan segala-galanya. Bukan sesuatu yang harus dibela dengan mempertaruhkan nyawa sampai titik darah penghabisan.

Konsekuensinya, merayakan Hari Kemerdekaan terus terang jadi tidak terlalu relevan buat saya pribadi. Cukup berdoa dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada kita semua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s